Pages

Sunday, November 17, 2019

Said Didu Sindir Mentan yang Bubuhkan Nama Jan Ethes di Varietas Anggur

Suara.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menamakan varietas anggur baru hasil inovasi Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian dengan nama “Jan Ethes SP1”. Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) M Said Didu mengomentari hal tersebut.

Melalui akun Twitter miliknya @msaid_didu, Said Didu mengingatkan SYL agar tidak salah langkah.

"Pak Mentan Syahrul Yasin Limpo yth, apa bisa dapat penjelasan rasional sehingga nama varietas tanaman yang dihasilkan oleh para peneliti diberi nama cucu Presiden?" tulis Said Didu dalam cuitannya yang diunggah pada Sabtu (16/11/2019).

Menurutnya, pemberian nama jenis varietas baru seharusnya mempertimbangkan aspek ilmiah dan sosiologis.

"Mereka meneliti pake uang rakyat Pak Menteri. Pemberian nama jenis bibit mempertimbangkan banyak variabel ilmiah dan sosiologis," imbuhnya.

Kemudian dalam cuitan selanjutnya, Said Didu mengaku sudah lama berdiskusi dan debat dengan Syahrul Yasin Limpo.

Maka dari itu, ia mengingatkan Menteri Pertanian agar tidak salah dalam melangkah.

"Saya dengan Syahrul Yasin Limpo sudah puluhan tahun sebagai teman diskusi dan kadang sebagai lawan berdebat dalam berbagi hal tapi tetap bersahabat, jadi biasa aja bagi kami untuk saling mengingatkan agar tidak salah dalam melangkah," ucap Said Didu.

Kicauan Said Didu ini mendapatkan banyak respon dari warganet. Hingga Minggu (17/11) siang, lebih dari dua ribu warganet memberikan like di unggahan itu.

Said Didu mengomentari penamaan varietas anggur Jan Ethes SP1 (twitter/@msaid_didu)
Said Didu mengomentari penamaan varietas anggur Jan Ethes SP1 (twitter/@msaid_didu)

Beberapa warganet menilai langkah Syahrul Yasin Limpo memberi nama varietas anggur baru dengan nama cucu Jokowi adalah sebuah tindakan menjilat.

"Syahrul Yasin Limpo, menjilat ga harus segitunya kali pak, nyari makan sampe gini amat ya," tulis warganet di kolom komentar cuitan Said Didu.

Lalu warganet lain menulis, "Saat alm bapak saya berdinas sebagai PPS/ Penyuluh Pertanian Spesialis, beliau menerangkan bahwa varietas tanaman pangan seperti padi, kacang hijau, kacang tanah dinamai nama-nama sungai, burung, gunung dsb. Lha ini? Menjilat ga segitunya kali, Pak Limpo!"

Sebelumnya, nama “Jan Ethes SP1” diberikan SYL saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (15/11/2019).

“Saya suka nama itu, dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, pas sekali. Ini varietas unggul, kedepannya varietas ini akan terus dikembangkan, harapannya anggur jenis ini akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri dan menjadi produk buah unggulan baru kita” ungkap Syahrul.

“Pas sekali, sama seperti Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi, melihatnya saja kita dibikin tersenyum dan bahagia. Anggur Jan Ethes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin kita tersenyum dan bahagia” imbuhnya.



from Suara.com - Bisnis https://ift.tt/2Kti1Vm
via IFTTT

No comments:

Post a Comment